Beasiswa Program S2 CIO TA 2013/2014

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali bekerja sama dengan Magister Teknologi Informasi UGM untuk menyelenggarakan Beasiswa Program S2  Chief Information Officer (CIO) Tahun Akademik 2013/2014.  Beasiswa ini diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) /Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  yang ditempatkan di lembaga-lembaga departemen, non departemen, baik di lingkungan pemerintahan pusat maupun daerah.

Program CIO MTI UGM
CIO (Chief Information Officer) adalah sebuah jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi dengan aspek-aspek manajemen lainnya agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi.
Tugas pokok CIO adalah memastikan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di organisasi bisa memberikan dukungan maksimal terhadap proses-proses di organisasi tersebut. Seorang CIO bertugas agar implementasi TIK bisa selaras (aligned) dengan program-program yang dijalankan sehingga tercipta efisiensi, akurasi, kecepatan dan transparansi..


Tujuan

Program Beasiswa Chief Information Officer (CIO) bertujuan untuk mencetak SDM unggul yang dapat berperan sebagai Government Chief Information Officer (GCIO) selaku eksekutif yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada instansi pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance), serta dalam rangka implementasi UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik..
Program  Beasiswa  ini  diharapkan   dapat  membantu  menjadi katalisator  dan  akselerator  pemenuhan  kebutuhan SDM  dalam rangka  pengembangan  e-Government di lingkungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan mampu menjembatani antara pihak manajemen/eksekutif/bisnis dengan Teknologi Informasi.


Skema Pemberian Beasiswa

  • Beasiswa diberikan dalam bentuk biaya pendidikan sesuai program pilihan yang diambil, senilai biaya SPP yang berlaku saat ini.
  • Beasiswa mencakup biaya operasional dan biaya buku yang besarannya ditentukan sesuai dengan masa studi.
  • Jika peserta tidak dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang ditetapkan (sesuai program masing-masing Perguruan Tinggi), tambahan biaya masa studi ditanggung peserta (tidak dicakup dalam beasiswa).


Kriteria Calon Penerima Beasiswa

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)/ Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di instansi pemerintah Pusat maupun Daerah.
  • Diutamakan bagi yang memiliki bidang kerja yang ditangani terkait dengan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di instansi yang bersangkutan.
  • Mendapatkan ijin dan rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II) instansi yang bersangkutan untuk menjalani pendidikan
  • Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2


Persyaratan

  1. Mengisi formulir online disini.
  2. Ijazah & transkrip akademik S1 yang telah dilegalisir
  3. IPK S1 minimal 2,75 (lulus pada tahun 2010 dan selanjutnya) atau alumni S1 UGM yang lulus sebelum tahun 2010 dan lulusan S1 dari/atau bekerja di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (T3)/Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK).
  4. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM yang masih berlaku dengan skor minimal 500;
  5. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku berupa:
    a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM dengan skor minimal 209 atau;
    b. IELTS dengan skor minimal 5.0 atau;
    c. TOEFL Internet-Based (IBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag dengan skor minimal 50 atau;
    d. TOEFL Computer-Based Test (CBT) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag dengan skor minimal 145 atau;
    e. TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari lembaga bahasa milik universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag dengan skor minimal 450;
  6. Fotokopi sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan yang sebelumnya.
  7. Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh di sini).
  8. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini).
  9. Surat Pernyataan Pelamar Program Pascasarjana, bermaterai Rp 6.000,- (format dapat diunduh di sini).
  10. Surat keterangan jaminan pembayaran dari instansi atau surat keterangan bermaterai yang menyatakan kesanggupan untuk membayar sendiri seluruh biaya pendidikan program pascasarjana (format dapat diunduh disini).
  11. Surat pernyataan mengikuti seleksi beasiswa pendidikan program pascasarjana (S2) Chief Information Officer (format dapat diunduh disini).
  12. Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit.
  13. Surat Ijin Belajar dan Surat Rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II). Format surat disesuaikan dengan instansi masing-masing.
  14. Daftar Riwayat Hidup.
  15. Pas foto 3 x 4 (6 lbr).
  16. Bukti karya ilmiah yang pernah diterbitkan atau portofolio berisi penjelasan project, penelitian, makalah atau buku di bidang TI yang pernah dikerjakan selama 3 tahun terakhir (menjadi nilai tambah).
  17. Semua persyaratan dibuat dalam rangkap 2 (asli) dan ditulis S2 CIO 2013 pada pojok kiri atas amplop. Berkas pendaftaran dikirim melalui pos atau diantar langsung ke Kantor Pascasarjana Teknik Elektro UGM:
    Gedung Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM Lt. 2
    Jalan Grafika 2 Yogyakarta – 55824
    Telp/Fax : 0274-547506
    Email : admisi@mti.ugm.ac.id


Agenda Seleksi Beasiswa Program S2 CIO 2013

Pembukaan Pendaftaran

25 Februari – 3 Juni 2013

Tes tertulis & Wawancara

6 – 9 Juli 2013

Pengumuman

Agustus 2013

Perkuliahan

September 2013

 

 

 

 

 

Alur Tahapan Seleksi

Tahapan-seleksi-beasiswa-S2-CIO-2013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Agenda Sosialisasi dan Seleksi Beasiswa Program S2 CIO 2013

Medan

14 Maret 2013

Banjarmasin

21 Maret 2013

Makassar

28 Maret 2013